Zaid Info Portal Informasi Indonesia

Apa yang dimaksud dengan Portal web

Sebuah portal adalah situs web yang bertindak sebagai sumber tunggal untuk semua informasi tentang domain yang spesifik. Sebuah portal Web yang efektif menawarkan pengguna array yang luas dari informasi, diatur dalam cara yang paling nyaman bagi pengguna untuk mengakses. Ketika dirancang, diimplementasikan dan dipelihara dengan benar sebuah portal web menjadi titik awal atau masuknya pengguna web memperkenalkan dia ke berbagai informasi, sumber daya dan situs lainnya di internet. Ia memiliki kekuatan untuk menarik bersama-sama kelompok umum orang, umum berdasarkan usia, profesi, lokasi dll

Portal adalah aplikasi berbasis browser yang memungkinkan kegiatan termasuk menghubungkan proses bisnis dalam bisnis dan di seluruh rantai pasokan oleh akses pemersatu data terstruktur dan tidak terstruktur, mengintegrasikan aplikasi untuk mendukung proses bisnis serta menyediakan akses ke real-time, saat ini dan konsisten informasi.
Portal Populer adalah Yahoo, MSN dll

Jenis Portal:

Portal dapat dibedakan berdasarkan konten mereka dan pengguna dimaksudkan. Mereka dapat dikategorikan menjadi:

Portal oVertical (vortals)

Ini adalah portal web yang fokus hanya pada satu industri tertentu, domain atau vertikal. Portal vertikal atau vortals hanya menyediakan alat, informasi, artikel, penelitian dan statistik pada industri tertentu atau vertikal. Sebagai web telah menjadi alat standar untuk vortals bisnis menyediakan gateway yang ideal bagi perusahaan untuk memasarkan produk & jasa mereka dan untuk mendapatkan eksposur dalam vertikal mereka dengan mengembangkan dan menggunakan vortals. Contoh klasik portal vertikal cnet.com yang hanya berfokus pada masalah komputer dan yang terkait, mp3.com hanya pada audio mp3 dll

Sebagian besar waktu, portal vertikal menawarkan informasi dan layanan yang disesuaikan untuk khalayak niche tentang wilayah tertentu dari bunga. Portal industri vertikal, yang dikenal sebagai vortals, adalah situs yang menyediakan gateway untuk informasi yang berkaitan dengan industri tertentu, seperti, asuransi, mobil, dll

Ada kemungkinan tak terhitung untuk mendirikan portal vertikal khusus di pasar. Berbagai solusi dapat dibagi menjadi 2 kelompok besar yang sebagian tumpang tindih:

Portal 1.Corporate:

menyediakan akses ke informasi pribadi yang dipilih dari perusahaan tertentu

2.Commerce Portal:

dukungan bisnis-ke-bisnis dan business-to-consumer e-commerce

Portal oHorizontal

Ini adalah portal web yang berfokus pada berbagai macam kepentingan dan topik. Mereka fokus pada sasaran umum dan mencoba untuk menyajikan sesuatu untuk semua orang. Portal horisontal mencoba bertindak sebagai entry point dari surfer web ke internet, menyediakan konten pada topik yang menarik dan membimbing ke arah yang benar untuk mengambil lebih banyak sumber daya dan informasi yang terkait. Contoh klasik portal horizontal yahoo.com, msn.com dll yang menyediakan pengunjung dengan informasi dan wilayah yang luas dari topik.

Portal horizontal menargetkan seluruh komunitas Internet. Situs-situs, sering disebut sebagai "megaportals", biasanya mengandung mesin pencari dan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk personalisasi halaman dengan menawarkan berbagai saluran (yaitu akses ke informasi lain seperti cuaca regional, harga saham atau update berita).

oIntranet Portal (Enterprise Portal)

Ini adalah portal yang dikembangkan dan dipelihara untuk digunakan oleh anggota intranet atau jaringan perusahaan. Dalam menuntut perusahaan bisnis saat ini kunci untuk produktivitas karyawan tergantung pada akses ke informasi yang tepat waktu dan sumber daya. Yang paling umum pelaksanaan portal perusahaan fokus pada penyediaan karyawan dengan informasi ini pada cara yang diperbarui secara teratur bersama dengan sistem manajemen dokumen, ketersediaan aplikasi on demand, kursus pelatihan online dan web gips dll bersama dengan komunikasi dalam bentuk email, messaging, web pertemuan dll

oKnowledge Portal:

Pengetahuan portal meningkatkan efektivitas pekerja pengetahuan dengan menyediakan akses mudah ke informasi yang diperlukan atau membantu mereka dalam satu atau lebih peran tertentu. Pengetahuan portal tidak hanya intranet portal sejak mantan yang seharusnya untuk menyediakan fungsionalitas tambahan seperti layanan kolaborasi, penemuan layanan informasi canggih dan peta pengetahuan Zaid Info.

oEnterprise Portal

Sebuah portal perusahaan (kadang-kadang disebut sebuah portal perusahaan) menyediakan akses pribadi ke kisaran yang tepat informasi tentang perusahaan tertentu.

Perusahaan portal telah menjadi salah satu teknologi baru terpanas dari Internet. Awalnya disebut intranet portal - portal perusahaan ada untuk kepentingan karyawan perusahaan sendiri, set ini teknologi telah dikembangkan untuk membantu dan menyediakan akses ke mitra bisnis perusahaan (pemasok, pelanggan) juga.

Berbeda dengan portal web publik, portal perusahaan bertujuan untuk menyediakan tempat kerja virtual untuk setiap individu menggunakan mereka - para eksekutif, karyawan, pemasok, pelanggan, penyedia layanan pihak ketiga. Daripada menawarkan akses ke barang-barang konsumen, jasa, dan informasi, portal perusahaan yang dirancang untuk memberikan setiap individu menggunakan mereka akses ke semua informasi, aplikasi bisnis, dan layanan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.

Situs publik Sebuah perusahaan itu sendiri tidak otomatis sebuah portal perusahaan. Hal ini dapat menjadi salah jika Website menyediakan personalisasi dan fungsi navigasi, karena banyak yang mulai melakukan.

Solusi perusahaan Portal lebih maju menyediakan akses melalui perangkat mobile, seperti ponsel, PDA, dll genggam PC memfasilitasi pada pekerjaan jalan, pengambilan keputusan, dan proses bisnis.

oMarketspace Portal

Marketspace portal ada untuk mendukung bisnis-ke-bisnis dan business-to-customer e-commerce.

Fungsi utama:

1. Dukungan perangkat lunak untuk transaksi e-commerce

2. kemampuan untuk menemukan dan mengakses informasi yang kaya tentang produk yang dijual

3. kemampuan untuk berpartisipasi dalam kelompok diskusi dengan vendor lainnya dan / atau pembeli

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda akan dimoderasi terlebih dahulu...