Cerita di balik kontes SEO

Cerita di balik kontes SEOMungkin banyak yang bertanya tanya bagaimana bisa meraih page one dalam kontes SEO? bagaimana cara mengejar keyword yang telah ditentukan dan masih banyak lagi. Itu dulu juga awalnya ane bingung bagaimana cara melakukan itu semua, tapi ane bekerja keras mencari tahu dan mempelajari satu persatu ilmu menggabungkan semuanya jadilah sebuah pemahaman yang bisa ane pake tiap hari.

Awal cerita gue dengan SEO, awalnya gue sangat bodoh dan sangat tidak mengerti sama sekali. Awalnya ane gak tau cara cari backlink dan bagaimana cara meraih backlink bahkan gak tau apa itu backlink. Sampai suatu saat ane coba cari dan pelajari apa itu backlink lewat google dan menemukan bahwa backlink adalah link balik / link yang mengarah pada blog kita.

Pada saat itu gue masih bingung dan akhirnya ketemu di FB sama peringkat satu suatu kontes SEO yang diadakan tahun 2011 lalu kalo gak salah, namanya Mas Sabar Muanas dia sangat pandai dan lihai dalam kontes seo berbagai kontes tanah air dia gasak. Dia memiliki sebuah blog andalan yaitu sabarmuanas.com yang kala itu menjuarai kontes yang saya ikuti.

Saya mulai belajar dengan beliau sampai beberapa minggu, bertanya tanya dan akhirnya menyimpulkan beberapa tehnik aneh yang ane sendiri masih bingung. Ane sendiri gak terlalu yakin dengan tehnik yang ane simpulkan dan mencobanya pada sebuah kontes kecil kecilan dan hasilnya ane waktu itu juara 2, dan mencoba lagi juara 2 lagi.

Umm ane makin penasaran dengan tehnik itu ane mulai aktif di sebuah grup FB yaitu Diskusi Blogger Pemula , yang kala itu sering membahas masalah SEO dan desain. Ane tambah semangat ketika bertemu dengan seseorang yang sangat mahir SEO, namanya Dan dia owner dari bertanyaseo.com . Kira kira pertengahan 2012 ane kenal dengan Mas Dan di Grup FB.

Berlanjut selanjutnya ane belajar tekun tentang SEO sampai sekolah terganggu, tapi ane tetap semangat. Akhirnya saya banyak sekali belajar dari Mas Danang yang kemudian aku coba satuin dengan tehnik Mas Sabar Muanas dan akhirnya ane mencobanya pada kontes Rakuten dan Indomaret.

Pada kontes Indomaret ane bertemu kawan blogger yang cukup mahir SEO namanya Mazda dia owner dari shift-7.blogspot.com nah dia membantu ane ceritanya dalam kontes Indomaret, akhirnya saya mendapatkan juara ke 3 Alhamdulillah (update).

Pada kontes Rakuten ane bekerja sendiri menggunakan tehnik dari Mas Danang dan Mas Sabar Muanas, sampai banyak yang terkejut ane bisa di nomor 1 berbulan bulan, tapi ternyata ada kecurangan dan ada yang dengki dengan kemenangan blog ane, dia mengCOPAS penuh artikel ke Kompasiana dan alhasil posisi di SERP terganggu, dan akhirnya ane harus puas di peringkat 4.

Tapi dengan itu ane banyak berpikir bahwa KOPAS/COPAS/Copy Paste adalah tehnik yang sangat tidak terpuji dan sangat tidak dianjurkan bagi para blogger. Ane sampai beberapa hari agak pusing karena kejadian kopas itu.

Ada yang pengen tau tehnik ane apa? Sesungguhnya jika ditanya tehnik khusus itu tidak ada hanya sama seperti blogger lain liat list berikut mungkin anda paham.

  1. Buat artikel yang baik dan benar coba cek di Copy scape usahakan sampe lulus.
  2. Pastikan blog anda indexnya bagus dan udah mantep.
  3. Ane biasa mengoptimasi/mencari backlink 16 menit setelah post berada di google
  4. Biasa ane mengoptimasi dari Sosbok dulu baru menjalar ke tempat lain
  5. Ane mencari tempat yang strategis sepi link out dan PR tinggi
  6. Liat tempat backlink orang lain dan filter yang bagus bagus sisakan untuk ladang.
  7. Semangat aja menang kalah ya harus menang.
Mungkin demikian yang aneh ini semoga bermanfaat.